Buatlah ilustrsi atau contoh kongkrit penilaian proses dalam pembelajaran bahasa. (berdiskusi) !
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kels/Semester : VI / 2
STANDAR KOMPETENSI
8. Mengungkapkan pikiran dan informasi secara tertulis dalam bentuk naskah pidato dan surat resmi.
KOMPETENSI DASAR
8.2 Menulis surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju.
IDIKATOR
Membedakan bahasa surat resmi dan surat pribadi
Menulis surat resmi sesuai dengan konteks (apa keperluannya, siapa pembacanya)
TUGAS
Diskusikanlah bersama kelompokmu perbedaan surat dinas dengan surat pribadi.
Contoh surat dinas dan surat pribadi pada Lembar Kerja.
FORMAT PENILAIAN PENGAMATAN SIKAP
No. | Nama | Aspek yang dinilai | Jumlah Sekor | Nilai akhir | ||||
Keaktifan berdiskusi | Percaya diri | Menghargai pendapat orang lain | Sopan dalam berdiskusi | Jujur obyektif | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
1. | Ahmad Sobirin | 4 | 4 | 5 | 3 | 4 | 20 | 80 |
2. | Anita Dwi Astuti | 3 | 3 | 3 | 2 | 3 | 14 | 56 |
3. | Bayu Nugroho | 5 | 3 | 5 | 3 | 3 | 19 | 76 |
4. | Bambang Irawan | 2 | 2 | 4 | 4 | 3 | 15 | 60 |
5. | Cici Paramita | 4 | 3 | 3 | 5 | 3 | 18 | 72 |
6. | Dani Anggoro | 5 | 5 | 4 | 4 | 3 | 21 | 84 |
7. | Danar | 5 | 4 | 4 | 3 | 4 | 20 | 80 |
8. | Darman | 4 | 5 | 4 | 4 | 5 | 22 | 88 |
9. | Endang | 4 | 4 | 5 | 5 | 5 | 23 | 92 |
10 | Edi Supomo | 3 | 4 | 5 | 4 | 4 | 20 | 80 |
11. | Fajar Sodikin |
|
|
|
|
|
|
|
12. | Feri Ismiati |
|
|
|
|
|
|
|
13. | Galuh |
|
|
|
|
|
|
|
14. | Hasan Olis |
|
|
|
|
|
|
|
15. | Harun |
|
|
|
|
|
|
|
16. | Herman |
|
|
|
|
|
|
|
17. | Indri |
|
|
|
|
|
|
|
18. | Laeli |
|
|
|
|
|
|
|
19. | Lulu Amalia |
|
|
|
|
|
|
|
20. | Meti |
|
|
|
|
|
|
|
21. | Melani |
|
|
|
|
|
|
|
22. | Ofi |
|
|
|
|
|
|
|
23. | Parjan |
|
|
|
|
|
|
|
24. | Purnomo |
|
|
|
|
|
|
|
25. | Resti |
|
|
|
|
|
|
|
KETERANGAN
-
A
Sangat Baik
5
81-100
B
Baik
4
61-80
C
Cukup
3
41-60
D
Kurang
2
21-40
E
Sangat Kurang
1
0-20
Sekor Maksimum : 25 , sekor minimum 5
Nilai = Sekor perolehan : Sekor Maksimum X 100
Kegiatan diskusi juga dapat dilakukan dengan Penilaian Diri.
PARTISIPASI DALAM DISKUSI KELOMPOK
Nama Kelompok : …………………………….
Nama Siswa : ……………………………..
Kegiatan : Mendiskusikan Perbedaan surat dinas dan surat pribadi
Petunjuk :
Isilah pernyataan berikut dengan jujur untuk nomor 1 s.d. 5
Tulislah huruf A, B, C, atau D di belakang tiap pernyataan
A : selalu
B : sering
C : kadang-kadang
D : tidak pernah
No. | Pernyataan | Huruf |
1. | Selama diskusi saya mengusulkan ide kepada kelompok untuk didiskusikan |
|
2. | Ketika kami berdiskusi, tiap orang diberi kesempatan mengusulkan gagasan |
|
3. | Semua anggota kelompok kami melakukan sesuatu selama kegiatan |
|
4. | Tiap orang sibuk dengan yang dilakukannya dalam kelompok saya |
|
5. | Selama kerja kelompok saya, |
|
| Mendengarkan orang lain |
|
| Mengajukan pertanyaan |
|
| Mengorganisasikan ide-ide saya |
|
| Mengorganisasi kelompok |
|
| Mengacaukan kegiatan |
|
| Melamun |
|
6. | Apa yang kamu lakukan selam kegiatan diskusi berlangsung ? Jawab :
|
|
Saudara sebagai guru akan menilai ketrampilan berbicara, misalnya berpiodato, butir apa sajakah yang perlu saudara nilai !
| Butir / Aspek Yang dinilai | Skor |
| Penguasaan Bahasa |
|
1. | Pilihan kata / diksi | 3 |
| - menggunakan kata yang sesuai dengan situasi | 3 |
| - menggunakan kata yang kurang sesuai dengan situasi | 2 |
| - menggunakan kata yang tidak sesuai dengan situasi | 1 |
2. | Struktur kalimat | 3 |
| - sempurna | 3 |
| - sedikit kesalahan | 2 |
| - banyak kesalahan | 1 |
3. | Koherensi antar kalimat | 3 |
| - hubungan bertautan dan berurutan dengan tepat | 3 |
| - hubungan tidak bertautan dan berurutan | 2 |
| - hubungan tidak bertautan dan berurutan serta tidak dapat dipahami | 1 |
4. | Tema dan atau Judul | 3 |
| - sesuai / relevan | 3 |
| - cukup relevan | 2 |
| - tidak relevan | 1 |
5. | Isi keseluruhan | 6 |
| - ide bagus lancer pengungkapannya | 6 |
| - ide kurang bagus, lancer pengungkapannya | 5 |
| - ide bagus, kurang lancer pengungkapannya | 4 |
| - ide kurang bagus, tidak lancer pengungkapannya | 3 |
| - ide tidak bagus, tidak lancer pengungkapannya | 2 |
| - ide menyimpang, lancer pengungkapannya | 1 |
6. | Lafal dan intonasi | 3 |
| - lafal dan intonasi benar | 3 |
| - lafal dan intonasi sedikit kesalahan | 2 |
| - lafal dan intonasi banyak kesalahan | 1 |
7. | Penampilan | 4 |
| - meyakinkan, percaya diri, dan menguasai audien | 4 |
| - kurang meyakinkan, percaya diri dan menguasi audien | 3 |
| - kurang meyakinkan dan kurang percaya diri | 2 |
| - kurang meyakinkan dan tidak dapat menguasai audien | 1 |
| Sekor maksimal | 25 |
Nilai = Sekor Perolehan : Sekor Maksimal X 100
Contoh Nilai Anita Dwi Astuti = 19 : 25 X 100 = 76
2 komentar:
Terimakasih banyak pak....
terima kasih Pak.....
Posting Komentar