Sabtu, 14 Juni 2008

PENILAIAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

  1. Buatlah ilustrsi atau contoh kongkrit penilaian proses dalam pembelajaran bahasa. (berdiskusi) !




Mata pelajaran : Bahasa Indonesia

Kels/Semester : VI / 2


STANDAR KOMPETENSI

8. Mengungkapkan pikiran dan informasi secara tertulis dalam bentuk naskah pidato dan surat resmi.

KOMPETENSI DASAR

8.2 Menulis surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju.

IDIKATOR

    1. Membedakan bahasa surat resmi dan surat pribadi

    2. Menulis surat resmi sesuai dengan konteks (apa keperluannya, siapa pembacanya)


TUGAS

Diskusikanlah bersama kelompokmu perbedaan surat dinas dengan surat pribadi.

Contoh surat dinas dan surat pribadi pada Lembar Kerja.



FORMAT PENILAIAN PENGAMATAN SIKAP

No.

Nama

Aspek yang dinilai

Jumlah Sekor

Nilai akhir

Keaktifan berdiskusi

Percaya diri

Menghargai pendapat orang lain

Sopan dalam berdiskusi

Jujur obyektif

1

2

3

4

5

6

7

8

9

1.

Ahmad Sobirin

4

4

5

3

4

20

80

2.

Anita Dwi Astuti

3

3

3

2

3

14

56

3.

Bayu Nugroho

5

3

5

3

3

19

76

4.

Bambang Irawan

2

2

4

4

3

15

60

5.

Cici Paramita

4

3

3

5

3

18

72

6.

Dani Anggoro

5

5

4

4

3

21

84

7.

Danar

5

4

4

3

4

20

80

8.

Darman

4

5

4

4

5

22

88

9.

Endang

4

4

5

5

5

23

92

10

Edi Supomo

3

4

5

4

4

20

80

11.

Fajar Sodikin








12.

Feri Ismiati








13.

Galuh








14.

Hasan Olis








15.

Harun








16.

Herman








17.

Indri








18.

Laeli








19.

Lulu Amalia








20.

Meti








21.

Melani








22.

Ofi








23.

Parjan








24.

Purnomo








25.

Resti









KETERANGAN

A

Sangat Baik

5

81-100

B

Baik

4

61-80

C

Cukup

3

41-60

D

Kurang

2

21-40

E

Sangat Kurang

1

0-20


Sekor Maksimum : 25 , sekor minimum 5

Nilai = Sekor perolehan : Sekor Maksimum X 100


Kegiatan diskusi juga dapat dilakukan dengan Penilaian Diri.


PARTISIPASI DALAM DISKUSI KELOMPOK

Nama Kelompok : …………………………….

Nama Siswa : ……………………………..

Kegiatan : Mendiskusikan Perbedaan surat dinas dan surat pribadi

Petunjuk :

Isilah pernyataan berikut dengan jujur untuk nomor 1 s.d. 5

Tulislah huruf A, B, C, atau D di belakang tiap pernyataan

A : selalu

B : sering

C : kadang-kadang

D : tidak pernah


No.

Pernyataan

Huruf

1.

Selama diskusi saya mengusulkan ide kepada kelompok untuk didiskusikan


2.

Ketika kami berdiskusi, tiap orang diberi kesempatan mengusulkan gagasan


3.

Semua anggota kelompok kami melakukan sesuatu selama kegiatan


4.

Tiap orang sibuk dengan yang dilakukannya dalam kelompok saya


5.

Selama kerja kelompok saya,



Mendengarkan orang lain



Mengajukan pertanyaan



Mengorganisasikan ide-ide saya



Mengorganisasi kelompok



Mengacaukan kegiatan



Melamun


6.

Apa yang kamu lakukan selam kegiatan diskusi berlangsung ?

Jawab :











  1. Saudara sebagai guru akan menilai ketrampilan berbicara, misalnya berpiodato, butir apa sajakah yang perlu saudara nilai !



Butir / Aspek Yang dinilai

Skor


Penguasaan Bahasa


1.

Pilihan kata / diksi

3


- menggunakan kata yang sesuai dengan situasi

3


- menggunakan kata yang kurang sesuai dengan situasi

2


- menggunakan kata yang tidak sesuai dengan situasi

1

2.

Struktur kalimat

3


- sempurna

3


- sedikit kesalahan

2


- banyak kesalahan

1

3.

Koherensi antar kalimat

3


- hubungan bertautan dan berurutan dengan tepat

3


- hubungan tidak bertautan dan berurutan

2


- hubungan tidak bertautan dan berurutan serta tidak dapat dipahami

1

4.

Tema dan atau Judul

3


- sesuai / relevan

3


- cukup relevan

2


- tidak relevan

1

5.

Isi keseluruhan

6


- ide bagus lancer pengungkapannya

6


- ide kurang bagus, lancer pengungkapannya

5


- ide bagus, kurang lancer pengungkapannya

4


- ide kurang bagus, tidak lancer pengungkapannya

3


- ide tidak bagus, tidak lancer pengungkapannya

2


- ide menyimpang, lancer pengungkapannya

1

6.

Lafal dan intonasi

3


- lafal dan intonasi benar

3


- lafal dan intonasi sedikit kesalahan

2


- lafal dan intonasi banyak kesalahan

1

7.

Penampilan

4


- meyakinkan, percaya diri, dan menguasai audien

4


- kurang meyakinkan, percaya diri dan menguasi audien

3


- kurang meyakinkan dan kurang percaya diri

2


- kurang meyakinkan dan tidak dapat menguasai audien

1


Sekor maksimal

25



Nilai = Sekor Perolehan : Sekor Maksimal X 100


Contoh Nilai Anita Dwi Astuti = 19 : 25 X 100 = 76

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Terimakasih banyak pak....

Unknown mengatakan...

terima kasih Pak.....