Sabtu, 14 Juni 2008

PEMANFAATAN INTERNET SEBAGI MEDIA PEMBELAJARAN

  1. Jelaskan kelebihan dan kekurangan pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran di Sekolah Dasar !

Kelebihan pemanfaatan Internet sebagai media pembelajaran :

    1. Dimungkinkannya terjadinya disteribusi pendidikan ke semua penjuru tanah air dan kapasitas daya tampung yang tidak terbatas karena tidak memerlukanruang kelas.

    2. Proses pembelajaran tidak terbatas oleh waktu seperti halnya tatap muka biasa.

    3. Pembelajaran dapat memilih topik atau bahan ajar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing.

    4. Lama waktu belajar juga tergantung pada kemampuan masing-masing pembelajar.

    5. Adanya keakurtan dan kekinian materi pembelajaran.

    6. Pembelajar dapat dilakukan secara interaktif, sehingga menarik pembelajar / siswa.

Kekurangan pemanfaatan Internet sebagai media pembelajaran :

  1. Memerlukan peralatan Komputer dan Saluran telepon ( sarana dan prasarana khusus)

  2. Memerlukan ketrampiklan menggunakan komputer.

  3. Guru tidak dapat mengontrol aktifitas peserta didiknya.

  4. Guru Kurang dapat mengendalikan emosional peserta didik.

  5. Kurang dapat menekankan pada pembelajaran yang bersifat afektif maupun psikomotor.



  1. Buatlah studi kasus pemanfaatan media komputer untuk mengajarkan salah satu materi di Sekolah Dasar !

Contoh pembelajaran berbasis komputer dengan model pembelajaran Tutorial.

Model Pembelajaran : Tutorial

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester : VI / 2



STANDAR KOMPETENSI

8. mengungkapkan pikiran dan informasi secara tertulis dalam bentuk naskah pidato dan surat resmi.

KOMPETENSI DASAR

8.2 Menulis surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju.


PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN


MENULIS SURAT RESMI


Setelah mempelajari Bab ini kalian diharapkan dapat

  • Menunjukkan bagian-bagian surat resmi

  • Membedakan surat resmi dan surat bukan resmi

  • Menulis surat resmi dengan pilihan kata yang tepat dan ejan yang benar.


Salam sejahtera, Selamat berjumpa lagi dengan tutorial mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pada tutorial kali ini kamu akan belajar menulis surat resmi. Surat resmi ditulis dengan menggunakan ragam bahasa resmi, baku, atau formal. Surat resmi dibuat oleh suatu perusahaan, organisasi, instansi, atau perorangan. Contoh surat resmi adalah surat edaran, surat undangan, surat tugas, surat perizinan, surat permohonan, surat pengunguman.

Surat undangan dibuat oleh seseorang, instansi, atau organisasi dengan tujuan mengundang orang lain menghadiri suatu acara.


Perhatikan contoh surat undangan di bawah ini !





D

INAS P DAN K KABUPATEN CILACAP

UPT DINAS P DAN K JERUKLEGI

GUGUS R.A. KARTINI

Sekretariat : SD Inti SD Negeri Tritih Lor 01

Jl. Cemara No. 08 Tritih Lor


Nomor : 25 /GS.RAK/V/08 Tritih Lor, 1 Mei 2008

Lampiran : -

Hal : Undangan


Kepada Yth,

Bapak / Ibu Guru

Anggota Gugus R.A. Kartini

Di Tritih Lor

Dengan hormat,

Dengan ini kami mengharap kehadiran Bapak / Ibu pada :

Hari / Tanggal : Sabtu, 3 Mei 2008

Waktu : Pukul 10.00 s/d selesai

Tempat : SD Negeri Tritih Lor 01 Kecamatan Jeruklegi

Keperluan : Kegiatan Rutin Kelompok Kerja Guru Kelas

Demikian undangan kami, kemudian atas perhatian dan kehadirannya kami ucapkan terima kasih.


Ketua Gugus R.A.Kartini Sekretaris Gugus



SARPINAH MARJONO

NIP130377807 NIP132028782


TEMBUSAN

  1. Kepala UPT Dinas P dan K Jeruklegi

  2. Pertinggal


Kamu sudah membaca surat undangan di atas. Ada beberapa perbedaan antara surat resmi dan surat pribadi. Isi surat resmi berkaitan dengan hal-hal yang menggambarkan suasana keformalan. Suasana keformalan tersebut ditandai oleh adanya keresmian bentuk surat, bagian-bagian surat, dan bahasa surat. Bahasa dalam surat resmi ditulis dengan ragam bahasa baku, pilihan kata tepat, kalimat jelas, dan mudah dipahami oleh pembaca.

Coba ingat kembali bagian-bagian penting dalam surat pribadi. Kemudian bandingkan dengan bagian-bagian surat resmi di bawah ini !

Bagian-bagian Surat Resmi

  1. Kepala Surat / Kop Surat

  2. Nomor surat

  3. Lampiran

  4. Hal / Perihal

  5. Tempat dan tanggal surat

  6. Alamat penerima surat

  7. Salam pembuka

  8. Kalimat pembuka surat

  9. Isi surat

  10. Kalimat penutup surat

  11. Salam penutup surat

  12. Tanda tangan dan nama terang

  13. Jabatan

  14. Tembusan


  1. Cermatilah surat undangan di atas !

Diskusikan dengan teman-temanmu mengenai hal-hal di bawah ini !

    1. Bentuk surat

    2. Bagian-bagian surat

    3. Bahasa surat


  1. Lakukanlah kegiatan di bawah ini !

  1. Buatlah sebuah contoh surat undangan !

  2. Tukarkan surat undangan yang telah kamu buat dengan surat undangan yang dibuat temanmu !

  3. Koreksilah surat undangan temanmu ! Hal-hal yang harus dikoreksi

    1. Kelengkapan bagian-bagian surat

    2. Penggunaan tanda baca

    3. Penulisan ejaan

    4. isi

  4. Perbaikilah suratmu berdasarkan koreksi temanmu !






  1. Jelaskan bentuk-bentuk penggunaan komputer untuk pembelajaran !


Beberapa bentuk penggunaan komputer media yang dap[at digunakan dalam pembelajaran meliputi :

  1. Penggunaan Multimedia Presentasi

  2. CD Multi media Interaktif

  3. Video Pembelajaran

  4. Pemanfaatan Internet


  1. Jelaskan mengapa, multi media presentatif efektif untuk digunakan dalam pembelajaran klasikal dan grup belajar yang besar !

Media Interaktif dapat digunakan pada pembelajaran sebab cukup efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Sifat media ini selain interaktif juga bersifat multi media terdapat unsur-unsur media secara lengkap yang meliputi sound, animasi, video, teks, dan grafis.


  1. Jelaskan 4 model pembelajaran berbasis komputer yang anda ketahui!

Model pembelajaran berbasis komputer diantaranya ;

  1. Model Tutorial

Model tutorial digunakan untuk menyajikan materi secara utuh kepada siswa melalui konsep mastery learning atau belajar tuntas. Model ini bisa dikembangkan untuk materi yang memiliki karakteristik :

    • Informasi baru

    • Bersifat konsep

    • Luas dan mendalam

    • Memerlukan kontrol dan mastery learning

    • Berhubungan antara bagian pokok materi yang satu dengan yang lainnya

    • Memungkinkan dipelajari secara berulang

    • Memiliki pola berpikir dan arah pembelajaran bercabang

    • Membutuhkan kontrol waktu dalam setiap segmen materi

    • Menekankan pada pengoptimalan pencapaian aspek kognitif

  1. Model Drill

Model ini dapat diterapkan jika materi memiliki karakteristik :

    • Telah diasmpaikan pada pertemuan sebelumnya

    • Bersifat pre test dengan fungsi diagnostik kemampuan pemahaman dan kecepatan belajar

    • Tanpa banyak uraian dan sederhana

    • Bersifat penerapan dan kesimpulan

    • Menekankan pada aspek kognitif

  1. Model Games

Model ini dapat diterapkan jika materi memiliki karakteristik :

    • Bersifat proses mencari dan menemukan jawaban sendiri

    • Terdiri dari prosedur dan langkah-langkah permainan

    • Menunjukkan proses dan prosedur permainan yang menarik

    • Bewrsifat analitis, sintetis, evaluatif , dan penyimpuklan materi

    • Memerlukan bentuk dan vareasi stimulus dan penguatan yang kuat.

  1. Model Simulasi

Model ini diterapkan jika materi memiliki karakteristik :

    • Bersifat proses bekerjanya suatu alat, penciptaan produk tertentu.

    • Terdiri dari prosedur dalam bentuk sistem tertentu

    • Mempelajarai cara menggunakan alat, prosedur, atau langkah-langkah tertentu.

    • Bertujuan untuk membuktikan sesuatu melalui proses eksperimen.

    • Memperagakan dan menunjukkan simulasi secara berurutan

    • Berupa analisis, sintesis, dan aplikasi

    • Menekankan pada pencapaian aspek afektif dan psikomotor

    • Menuntut evaluasi parktek dan pengamatan.

Tidak ada komentar: